Rabu, 14 Juni 2017

7 Perbedaan Menohok Orang Jepang dan Orang Indonesia

Halo YukViralns

Kita sudah tahu jika Jepang adalah bangsa yang maju. Hal ini didukung oleh orang-orang disana yang memiliki sikap dan perilaku yang sepantasnya. Jika dibandingin ama bangsa kita, mungkin kita akan sadar jika bangsa kita udah sangat tertinggal dari Jepang. 

Ada perbedaan menohok yang perlu kita tahu antara budaya atau kebiasaan antara orang Jepang dan orang Indonesia. Berikut YukViral mengulasnya dalam 7 Perbedaan Menohok Orang Jepang dan Orang Indonesia.

1. Saat Dijalan Raya

Jepang: Mobil sangat jarang (kecuali di kota besar). Padahal jepang kan negara produsen mobil terbesar di dunia, mobilnya pada ke mana ya?

Di Jepang punya mobil dan memakainya untuk pergi ke sekolah atau kantor adalah perbuatan tabu dan malu untuk ngelakuinnya. Mereka memilih untuk ngebudayaan jalan kaki atau memakai kendaraan umum. Alhasil di Jepang enggak macet kaya di Indonesia.

Indonesia: Jalanan macet, parkiran dimana-mana, dan yang nyeleneh banyaknya para anak remaja labil yang pamer suara rombeng knalpot. Kacau dah pokoknya

2.  Saat di Kendaraan Umum

Jepang: Orang-orang pada baca buku.

Mengapa Jepang bisa jadi negara maju? jawabannya adalah karena orang-orang di Jepang punya budaya baca yang tinggi. Waktu luang mereka dimamfaatkan sebaik-baiknya untuk membaca. Dan itu mereka lakukan di kendaraan umum. 

Indonesia: Orang-orang pada ngobrol, ngegosip, ketawa-ketiwi cekikikan, ngelamun dan tidur.

3. Saat Makan Di Kendaraan Umum

Jepang: Sampah sisa makanan disimpan ke dalam saku celana atau dimasukkan ke dalam tas, kemudian baru dibuang setelah nemu tong sampah.

Ini kebiasaan baik orang Jepang, mereka amat peduli sama hal-hal kecil. Sekalipun mereka makan di kendaraan, bekas makanan enggak dibuang sembarangan. Ini menandakan orang Jepang amat mencintai kebersihan lingkungan. 

Indonesia: Dengan wajah tanpa dosa, sampah sisa makanan dibuang gitu aja di kolong bangku/dilempar ke luar jendela.

4. Saat Berada Di Kelas

Jepang: Yang kosong adalah bangku kuliah paling belakang.

Ini adalah hal sederhana namun sangat menguatkan berkarakter. Sebuah riset di Amerika nyatain kalo orang yang sering duduk di bangku depan kelas adalah orang yang punya masa depan cerah. Makanya enggak heran kalo di Jepang jajaran yang paling penuh adalah bangku depan. Beda banget ya sama orang-orang Indonesia.

Indonesia: Yang kosong adalah bangku kuliah paling depan.

5. Ketika Dosen Memberikan Kuliah

Jepang: Semua mahasiswa sunyi senyap mendengarkan dengan serius.

Ini adalah kebiasaan baik. Dalam belajar orang Jepang sangat antusias dan berkonsentrasi penuh. Mereka akan mendengarkan setiap kata yang keluar dari mulut sang dosen dengan baik.

Indonesia: Tengok ke kiri, ada yg ngobrol. Tengok ke kanan, ada yg baca komik. Tengok ke belakang, pada tidur. Cuman barisan depan aja yg anteng dengerin, itu pun karena duduk pas di depan hidung dosen!

6. Ketika Diberi Tugas Oleh Dosen

Jepang: Hari itu juga, siang/malemnya langsung nyerbu perpustakaan atau browsing internet buat cari data.

Menumpuk kerjaan sama dengan menambah kerjaan. Begitulah kira-kira prinsip hampir semua orang Jepang. Mereka akan sangat sigap menerima tugas yang mereka dapatkan. 

Indonesia: Kalau masih ada hari esok, ngapain dikerjain hari ini!

7. Ketika Terlambat Masuk Kelas

Jepang: Memohon maaf sambil membungkukkan badan 90 derajat, dan menunjukkan ekspresi malu + menyesal gak akan mengulangi lagi.

Kesopanan adalah karakter yang dimiliki oleh orang Jepang selanjutnya. Mereka sangat menghargai sebuah komitmen dan peraturan. Jika mereka telat mereka akan sangat malu sekali dan tidak akan mengulanginya lagi.

Indonesia: Slonong boy & slonong girl masuk gitu aja tanpa bilang permisi ke dosen sama sekali.

Nah itulah sekelumit perbedaan antara orang Jepang dan Orang Indonesia yang harus kamu tahu. Bagaimana menurut kalian?


Related Posts

7 Perbedaan Menohok Orang Jepang dan Orang Indonesia
4/ 5
Oleh