Minggu, 20 Agustus 2017

YInMn Blue, Warna Baru Setelah 200 Tahun

Halo YukViralns!

Warna merupakan anugrah Tuhan YME. Begitu indah bergradasi sesuai dengan cahaya tampak yang dapat dilihat manusia. Terurut begitu rapi hingga manusia sulit membedakan warna yang mirip satu sama lain. Tetapi bukan berarti warna tidak bisa diciptakan. 


Bagi para pelaku seni, warna merupakan sebuah hal yang krusial. Permainan warna dapat menjadikan sebuah lukisan menjadi begitu indah. Tetapi, apakah terbayangkan warna baru pada daftar warna para pelaku seni tersebut untuk memperindah lukisan mereka?


Akhirnya setelah 200 tahun berlalu, para ilmuwan di Universitas Negeri Oregon menciptakan warna biru secara tidak disengaja. Penemuan warna biru tersebut dilakukan dengan cara memanaskan bahan kimia tertentu dalam oven laboratorium mereka. Penemuan warna biru tersebut sekaligus jadi penemuan terbaru sejak warna biru kobalt yang ditemukan kimiawan Prancis Louis Jacques Thenard pada tahun 1802.
Ilmuwan yang menemukan warna biru tersebut secara tidak sengaja adalah Mas Subramanian, seorang profesor ilmu material Universitas Negeri Oregon yang bekerjasama dengan mahasiswanya untuk memproduksi bahan baru untuk elektronika. Saat dia memanaskan Itrium Oksida, Oksida Indium dan sedikit Oksida Mangan kemudian ia menarik keluar campuran tersebut dari tungkunya. Saat itulah ia tidak sengaja menghasilkan warna biru baru yang dijuluki "YInMn Blue" sesuai dengan komposisi kimianya.


Pada akhirnya, sebuah perusahaan krayon Crayola akan menambahkan warna biru baru tersebut kedalam palet warna krayonnya. Crayola turut mengundang anak-anak untuk memberi nama warna biru baru tersebut. 


Cukup menarik perhatian bagi para pelaku seni untuk turut andil dalam penamaan warna biru baru tersebut.

Baca Juga : Apa Itu Tetrakromatik? Ini Dia Penjelasannya

Related Posts

YInMn Blue, Warna Baru Setelah 200 Tahun
4/ 5
Oleh