Sabtu, 09 September 2017

5 Khasiat Buah Semangka yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Halo YukViralns

Khasiat Buah Semangka selama ini masih jarang diketahui. Siapa sangka buah yang memiliki rasa manis ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. 


Semangka termasuk suku dari ketimun-ketimunan dan sekerabat dengan labu-labuan. Buah berwarna hijau bergaris ini bukan termasuk tanaman asli Indonesia, meskipun di Indonesia sudah cukup banyak dibudidayakan dan dikembangkan. Tumbuhan yang berasal dari daerah gurun Afrika ini sudah banyak dimanfaatkan sejak dulu, tidak hanya buahnya, tapi bijinya pun juga sering dikonsumsi oleh masyarakat setempat.

Satu cangkir semangka akan memberikan 17% dari vitamin A, 21% vitamin C, 2% dari besi dan 1% dari kebutuhan kalsium untuk hari. Di balik nutrinya tersebut, buah semangka ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan, bahkan kecantikan.

Berikut YukViral akan mengulas 5 Khasiat Buah Semangka yang Luar Biasa Bagi Kesehatan.

1. Semangka dapat mencegah penuaan dini


Siapapu tidak mau mengalami penuaan dini. Maka semangka adalah solusi untuk mengatasinya.

Nutrisi pada semangka, seperti lycopene, vitamin A dan C, menagkal radikal bebas yang menyerang kulit. Paparan sinar matahari langsung pada kulit, menimbulkan garis-garis halus. Zat antioksidan pada semangka membantu timbunan radikal bebas pada tubuh. 

Semangka juga kaya akan lycopene dan antioksidan. Kedua nutrisi ini diyakini bisa melindungi Anda dari efek radikal bebas yang merangsang pertumbuhan tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, keriput dan bintik hitam. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Kamu bisa menggunakan semangka sebagai masker atau mengonsumsinya langsung setiap hari.

Salah satu hal menuju penuaan dini adalah banyaknya timbunan lemak pada wajah. Pori-pori kulit yang besar dapat memicu kelenjar minyak untuk bersekresi berlebih. Namun, semangka memiliki kandungan vitamin A yang tinggi hingga dapat mengecilkan ukuran pori-pori dan meminimalkan sekresi minyak berlebih yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous.

Konsumsilah buah semangka dengan teratur, untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit indahmu.

2. Semangka Menjaga Kesehatan Ginjal


Selain dapat mencegah penuaan dini, ternyata semangka dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Serat semangka dapat digunakan untuk membuang racun, memurnikan hati dan menjaga fungsi ginjal dengan sebaik baiknya. Karena kandugan yang terdapat dalam buah semangka juga sangat banyak diantaranya niasin, folat, seng, besi, mangan, magnesium, kalium, fosfor, tembaga, dan thiamin. 

Semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan air. Jika kamu termasuk seseorang yang sulit minum, maka makan buah semangka yang banyak akan memudahkan batu ginjal luruh dari dalam saluran kemih. 

Makan semangka juga akan membantu membilas bagian dalam ginjal tanpa rasa sakit. Cukup makan 300-500 gr per hari untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Semangka Dapat Menyehatkan Jantung


Mengkonsumsi Semangka juga dapat membuat jantung menjadi lebih sehat, hal ini karena semangka memiliki kadar potassium yang baik untuk mengatasi penyakit jantung dan resiko lainnya.

Penelitian terbaru mengungkapkan mengkonsumsi buah semangka dapat mencegah penyakit jantung dengan cara menghentikan penumpukan kolesterol berbahaya. 

Dalam semangka juga mengandung asam amino citrulline dan arginin yang membantu menjada arteri, aliran darah dan fungsi kardiavaskuler secara menyeluruh. Sebuah studi dari Purdue University dan University of Kentucky yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry juga menemukan bahwa citrulline dalam buah ini dapat menyehatkan jantung secara maksimal.

Buah semangka juga diketahui mengandung lycopene, beta-karoten dan vitamin C yang dapat mengurangi kolesterol jahat dan mencegah berbagai masalah jantung.

4. Semangka dapat Melawan Kanker


Semangka ternyata bukan hanya menjadi buah yang menyegarkan dan kaya akan kandungan air, buah ini juga bermanfaat dalam mencegah timbulnya beberapa jenis kanker. Seperti Kanker Payudara dan Kanker Usus Besar. Kandungan lycopene yang merupakan senyawa antioksidan dalam buah semangka ternyata mampu menurunkan resiko munculnya penyakit kanker, terutama kanker prostat, kanker paru, kanker kolon, kanker payudara, dan kanker ovarium. Kandungan lycopen mempengaruhi warna merah pada buah semangka, semakin tinggi kandungan lycopene-nya maka warna semangka akan semakin merah.

Semangka termasuk salah satu buah yang kaya akan kandungan lycopene selain buah tomat. Kandungan lycopene dalam buah semangka 4100 mikrogram per 100 gram buah semangka. Kandungan lycopene dalam buah semangka ini akan sangat bermanfaat untuk menghambat perusakan radikal bebas dalam tubuh.

Dalam bekerja menghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh lycopene berperan melawan radikal bebas yang akan bereaksi dengan zat-zat yang diperlukan tubuh. Ketika radikal bebas bereaksi, maka akan terjadi reaksi oksidasi yang dapat merusak sel-sel dan jaringan tubuh, kerusakan sel dan jaringan ini sangat berisiko menimbulkan kanker. 


Selain itu efek reaksi radikal bebas dapat berpengaruh pada DNA atau gen, dimana jumlah radikal bebas yang terlalu banyak akan memicu terbantuknya mutasi gen yang akan menimbulkan munculnya sel-sel baru yang asing pada tubuh, ini yang biasa kita sebut tumor dan kanker ketika semakin parah.

5. Semangka dapat mencegah Diebetes


Penyakit Diabetes termasuk salah satu penyakit yang agak sulit untuk dikelola dan juga berbahaya jika tidak bisa dikendalikan. Kebanyakan para penderita diabetes akan selalu memperhatikan jumlah aneka makanan yang mereka konsumsi. Selain itu, penyakit diabetes juga membuat para penderitanya berada pada posisi yang lebih beresiko untuk menderita berbagai penyakit lainnya, seperti infeksi kulit dll.

Untuk menjaga kestabilan gula darah, para penderita diabetes harus mengontrol asupan karbohidrat harian mereka. Walaupun karbohidrat adalah bagian penting dari makanan karena merupakan sumber energi, namun para penderita diabetes harus menghitung dengan baik pengkonsumsiannya agar tidak berlebihan.

Rasa manis dari buah semangka seringkali dijadikan sebagai indikasi akan tingginya karbohidrat dalam buah ini, dan dianggap bukan buah yang baik bagi diabetes. Namun menurut Harvard School of Public Health, kandungan air yang sangat tinggi dalam buah semangka adalah tanda bahwa buah ini memiliki jumlah karbohidrat yang rendah serta aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Selain itu juga, berbagai vitamin dan mineral seperti kalium dan magnesium yang terkandung pada semangka berfungsi sebagai insulin yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Argunine, komponen lain yang ditemukan dalam semangka sangat efektif untuk meningkatkan dampak insulin pada gula darah.


Dirangkum dari berbagai sumber


Related Posts

5 Khasiat Buah Semangka yang Luar Biasa Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh