Rabu, 28 Juni 2017

Beberapa Fakta Aneh Bilangan Phi 3,14 yang Tak Banyak Diketahui

Tanggal 14 Maret (14/3) adalah hari perayaan sebuah bilangan yang terkenal dalam matematika. Yakni bilangan phi 3,14. Perayaan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1988 yang dicetuskan oleh ilmuwan Fisika bernama Larry Shaw di San Fransisco, Amerika Serikat.  Hal ini kemudian menjadi tradisi tahunan yang diselenggarakan di Amerika Serikat, dan pada Maret 2009 Dewan Perwakilan Amerika Serikat mengeluarkan Resolusi yang menyatakan bahwa tanggal 14 Maret ditetapkan sebagai hari Phi Nasional.



Berikut YukViral akan mengulas tentang fakta aneh seputar bilangan phi yang selama ini jarang diketahui.

1. Sebelumnya angka 3,2 akan ditetapkan sebagai angka phi

Pada tahun 1897, Majelis Indiana akan mengesahkan angka 3,2 sebagai angka phi yang dicetuskan oleh matematikawan amatir saat itu.  Untungnya, seorang matematikawan cerdas dari Purdue University, yang kebetulan mengunjungi legislatif pada saat itu, campur tangan dan mencegah terjadinya penetapan undang-undang tersebut.

2. Bilangan Phi sebenarnya tidak Rasional

Phi sebenarnya dikenal sebagai bilangan yang tidak rasional karena tidak dapat ditulis sebagai rasio atau pecahan sederhana. Sementara 22/7 yang dianggap dekat pun sebenarnya itu tidak tepat. Karena mengandung jumlah bilangan yang sangat panjang jika dipecahkan.

3. Memiliki Ribuan digit

Saat ini matematikawan mendefinisikan bilangan phi adalah 3.14159, beberapa yang super cerdas bisa menghafal nilai pi ke puluhan ribu digit. Menurut Daftar Pi Peringkat Dunia, Chao Lu memegang rekor dunia dengan 67.890 digit.

4. Bilangan Phi menginspirasi musik

Musisi Austria, Michael John Blake, menciptakan representasi musik dari phi (video di bawah) ke 31 tempat desimal di 157 denyut per menit (yang, ternyata, adalah 314 dibagi dua).

referensi dari youtube dan mnn.com

Related Posts

Beberapa Fakta Aneh Bilangan Phi 3,14 yang Tak Banyak Diketahui
4/ 5
Oleh